Ratih ? Apaan tuhhh ..

Hehehe .. Itu adalah nama dari sebuah sanggar rias pengantin & modiste yang berlokasi di Jl. Kesatrian Kulon E.33 ( depan lapangan RIN ) Magelang, ( 0293 ) 310660. Yang punya namanya Mbak Ratih, sebagai perias, sementara samboga ( dukun nganten ) adalah Ibunya Mbak Ratih sendiri. Saya tau tempat ini dari sahabat saya yang mo nikah tanggal 28 Des 08 ini, Tria. Kalo ngga dikasih tau dulu pasti ngga bakal nemu tempatnya, coz sama sekali ngga ada plang penanda bahwa di rumah dinas tentara itu ada sebuah sanggar rias pengantin & modiste.

Mbak Ratih ini menawarkan paket2 rias, dekorasi dan segala ubarampe pernikahan. Ini adalah salah satu contoh paket yang dapat dipilih ( saya ambil contoh paket menengah : Paket Exclusive 10.500K IDR )

  1. Rias pengantin, dari acara siraman, midodareni, akad nikah & resepsi ( jika pengantin menghendaki tanpa acara adat maka harga akan disesuaikan )
  2. Rias 2 pasang orang tua ( lengkap )
  3. Rias penjaga buku tamu 6 orang ( lengkap )
  4. Rias among tamu 10 orang putra – 10 orang putri ( lengkap )
  5. Dekorasi kamar pengantin
  6. Tuwuhan 1 pasang
  7. Tempat siraman 1 lokasi
  8. Pelaminan & dekorasi gedung
  9. MC
  10. 2 kotak sumbangan & dawet ( acara adat ) untuk 50 orang

Note : Lengkap maksudnya termasuk rias, sanggul/jilbab & busana sewa.

Nah kalo misal kita ngga ambil jenis paketan, alias printil2 saja, maka inilah informasi harga ( maapkeun kalo ngga lengkap, berhubung tadi nangkapnya separuh2 karena kelaparan, hiks .. )

  1. Rias pengantin untuk akad nikah & resepsi : 1.750K IDR
  2. Rias orang tua 2 pasang : 500K IDR
  3. Rias tambahan per 1 kepala ( rias, sanggul/jilbab & busana ) : 100K IDR
  4. Dekorasi : Hmm .. Kata Mbak Ratih, ini siy ngga bisa dipatok ya, soalnya jenis dekor kan bervariasi banget, tapi kalo di range ya antara 3.000K IDR – 5.000K IDR.

Selain melayani rias pengantin, Mbak Ratih ini juga terima jahitan baju wanita & kebaya pengantin. Kebaya hasil karyanya yang dipajang cantik2, Sodara !! Walopun pas nanya harganya, CANTIK juga !! Hiks ..😦 Emang iya siy, bahan & detailnya mantap & kualitas tinggi semua, tapi untuk sebuah kebaya seharga 3.000K IDR saya masih mikir2 deh. Hehehe ..

*sambil berdoa : Ya Allah berikanlah rejeki yang selalu mengalir seperti sungai di musim hujan, agar saya bisa membiayai pernikahan saya ini dengan lancar. Sesungguhnya saya hanya ingin hubungan ini sah di hadapan-Mu, Ya Rabb ..*