Ahahahay ..

Jangan khawatir, kalian ngga salah alamat kok, ini tetep blognya Mrs. Abdullah, walopun tiba2 nongol resep makanan. Ups, iyahhh, itu judulnya bukan analogi, tapi beneran reseppp !! Hihihi ..πŸ™‚ Hmm, saya belom bener2 rutin masak sihhh, secara belom punya dapur sendiri (masih anak kos gitu ..), lagian masih jarang bareng2 suami, jadi kalo lagi sendirian, berasa maleeesss banget pengin sharpening talent memasak saya. Hahahaha ..πŸ˜€

Gini2, menu ini terinspirasi dari D’ Cost. Beberapa makan disana ma temen2, kok merasa yang paling nyuuusss ya segala macam yang disausi telur asin ini. Fillet tuna, udang, cumi .. Penasaran dunk, saus telur asin termasuk baru bagi saya, akhirnya googling deh, ehhh, ternyata yang punya resepnya segambreng. Contek contek ..πŸ™‚ Trus masaknya pas ada acara masak bareng ma temen2 kampus. Hasilnyaaa .. mereka bilang enyaaakkk !! Horayyy ..

Ini dia bahan2nya :

1. 500 gram fillet kakap — kalo di Carefour sebenernya ada kakap yang udah langsung dilepas dari badan ikannya, tapi berhubung mahal, ya sudah, beli ikan kakapnya aja trus disayat2 sendiri dehhh .. eh mo pake tuna juga boleh loh .. abis itu, kucuri jeruk nipis & sedikit garam, sisihkan sebentar, biar meresap & ngga amis ..
2. 1 butir telur — buat membalur si fillet sebelum dicemplungin ke tepung ..
3. 4 sdm tepung terigu
4. 1 sdm tepung beras — biar rada kriuk2 gitu ..
5. 3 butir telur asin matang diambil kuningnya aja
6. 1/2 gelas kaldu ayam — ini buat mengencerkan kuning telur asin, jadi tergantung selera, kalo memang kurang encer ya monggo aja ditambah kaldunya ..
7. 3 siung bawang putih cincang
8. Daun bawang iris halus secukupnya
9. Minyak goreng untuk menggoreng
10. Margarin untuk menumis
11. Jeruk nipis
12. Garam

Cara buatnya :

Fillet :
1. Iris fillet sesuai selera, kalo saya tadi sih iris ukuran sekitar 3 x 3 cm
2. Kocok telur, masukkan potongan2 fillet ke kocokan telur
3. Baluri fillet dengan campuran tepung terigu dan tepung beras hingga rata
4. Goreng fillet dalam minyak panas dan api tidak terlalu besar, bolak balik hingga kuning keemasan, sisihkan dulu ..

Saus telur asin :
1. Hancurkan kuning telur asin hingga halus
2. Tumis bawang putih cincang dalam margarin yang sudah lebih dulu dipanaskan
3. Masukkan kuning telur asin, aduk2
4. Encerkan dengan kaldu ayam, sampai tingkat keenceran yang diinginkan
5. Masukkan irisan daun bawang
6. Aduk2 hingga matang

Gampang kannn ??

Monggo dicoba, Teman2 ..πŸ™‚

19102009037

Fillet Kakap Saus Telur Asin