Dapur


Ayam Goreng Saus Madu

Menu ini masih satu episode dengan Tofu ala Schezuan yang saya posting sebelum ini. Hmm, jarang2 saya masak 2 menu sekaligus. Untung ada 2 sahabat saya yang mau jadi kelinci percobaan, jadi tester sekaligus menghabiskan 2 mangkok hasil saya nguplek di dapur .. Hehehe .. 🙂

Oh ya, resep ini nyontek juga dari dapurnya The Karimuddin .. Makasih, Nggi, udah share resep ke kami2 yang buta dapur ini .. :p

Membuat sesuatu yang bersaus madu adalah impian saya, akhirnya terwujud juga hari ini. Hiyaaa, lebaiii dehhh ..

Udah langsung aja yuuukkk ..

Yang ini mah lebih gampang dari Tofu ala Schezuan, tinggal cemplung2. Hihihi .. Guayaaa .. 🙂

Ingredients:
1. 100 gram fillet ayam, potong dadu
2. tepung beras dan tepung terigu, dikit aja, cuma buat balurin ayam
3. 1 butir telur ayam, kocok lepas
4. 1/2 bungkus penyedap rasa, saya pake Masako
5. 5 siung bawang putih, cincang kasar
6. 1 butir bawang bombay, cincang kasar
7. 2 sdm minyak wijen
8. 4 sdm madu
9. minyak goreng

Directions:
1. masukkan fillet ayam kedalam telur, baluri hingga rata
2. campur tepung beras, tepung terigu dan penyedap rasa hingga rata, kemudian gunakan untuk membaluri fillet ayam setelah dibaluri telur
3. panaskan minyak goreng, masukkan ayam salut tepung hingga matang & berwarna keemasan, sisihkan
4. panaskan minyak goreng, tumis bawang bombay dan bawang putih hingga harum
5. masukkan minyak wijen dan madu, aduk hingga rata
6. masukkan fillet ayam yang telah digoreng, aduk hingga rata juga
7. tambahkan garam sesuai selera
8. masak hingga matang
9. sajikannn .. ^^

Enyaaakkk .. :p

Tofu ala Schezuan

Hiyaaa ..

Sabtu pagi, saatnya nguplek di dapur. Mumpung ngga ada kerjaan & mood masak lagi datang. Pukul 9 kurang saya udah meluncur ke Carefour di deket kosan. Hmm, kirain sepi, ternyataaa .. Banyak sekali keluarga2 muda pada belanja. Hiyeee, bikin mupeng ajeee ..

Ya sudahlah, belanja belanji ..

Pulang ..

Dan mulai deh, berpeluh2 di dapur. Masakkk !!

Menu kali ini adalah Tofu ala Schezuan, resepnya nyontek dari blognya The Karimuddin, dengan sedikit tambahan bumbu kedodolan ala Azizah tentunya .. ^^

Gampang kok, yuuukkk .. 🙂

Ingredients:
1. Tahu jepang 2 bungkus, potong 3 cm
2. 100 gr fillet ayam, potong dadu
3. 1 bonggol kecil brokoli
4. 1 bungkus jamur merang
5. 5 siung bawang putih, cincang kasar
6. 1 butir bawang bombay, cincang kasar
7. 2 sdm minyak wijen
8. 2 sdm kecap asin
9. 2 sdm saus tiram
10. 1 sdt tepung maizena, cairkan
11. minyak goreng
12. garam secukupnya
13. lada bubuk secukupnya

(seharusnya resepnya pake udang, saya juga udah beli, tapi sayang sungguh disayang, saya lupa masukin ke wajan, owalaaahhh ..)

Directions:
1. panaskan minyak goreng, goreng tofu jepang yang sudah dipotong2 hingga matang dan berwarna keemasan, sisihkan.
2. panaskan minyak goreng, tumis bawang bombay dan bawang putih hingga harum.
3. masukkan jamur dan brokoli, aduk2 hingga agak layu.
4. masukkan minyak wijen, kecap asin, saus tiram, garam dan lada bubuk. aduk2 hingga rata. beri sedikit air.
5. masukkan tofu dan fillet ayam, masak hingga mendidih.
6. masukkan tepung maizena yang sudah dicairkan, aduk hingga mengental.
7. jadiii dehhh .. 🙂

Gampang kannn ??

Ahahahay ..

Jangan khawatir, kalian ngga salah alamat kok, ini tetep blognya Mrs. Abdullah, walopun tiba2 nongol resep makanan. Ups, iyahhh, itu judulnya bukan analogi, tapi beneran reseppp !! Hihihi .. 🙂 Hmm, saya belom bener2 rutin masak sihhh, secara belom punya dapur sendiri (masih anak kos gitu ..), lagian masih jarang bareng2 suami, jadi kalo lagi sendirian, berasa maleeesss banget pengin sharpening talent memasak saya. Hahahaha .. 😀

Gini2, menu ini terinspirasi dari D’ Cost. Beberapa makan disana ma temen2, kok merasa yang paling nyuuusss ya segala macam yang disausi telur asin ini. Fillet tuna, udang, cumi .. Penasaran dunk, saus telur asin termasuk baru bagi saya, akhirnya googling deh, ehhh, ternyata yang punya resepnya segambreng. Contek contek .. 🙂 Trus masaknya pas ada acara masak bareng ma temen2 kampus. Hasilnyaaa .. mereka bilang enyaaakkk !! Horayyy ..

Ini dia bahan2nya :

1. 500 gram fillet kakap — kalo di Carefour sebenernya ada kakap yang udah langsung dilepas dari badan ikannya, tapi berhubung mahal, ya sudah, beli ikan kakapnya aja trus disayat2 sendiri dehhh .. eh mo pake tuna juga boleh loh .. abis itu, kucuri jeruk nipis & sedikit garam, sisihkan sebentar, biar meresap & ngga amis ..
2. 1 butir telur — buat membalur si fillet sebelum dicemplungin ke tepung ..
3. 4 sdm tepung terigu
4. 1 sdm tepung beras — biar rada kriuk2 gitu ..
5. 3 butir telur asin matang diambil kuningnya aja
6. 1/2 gelas kaldu ayam — ini buat mengencerkan kuning telur asin, jadi tergantung selera, kalo memang kurang encer ya monggo aja ditambah kaldunya ..
7. 3 siung bawang putih cincang
8. Daun bawang iris halus secukupnya
9. Minyak goreng untuk menggoreng
10. Margarin untuk menumis
11. Jeruk nipis
12. Garam

Cara buatnya :

Fillet :
1. Iris fillet sesuai selera, kalo saya tadi sih iris ukuran sekitar 3 x 3 cm
2. Kocok telur, masukkan potongan2 fillet ke kocokan telur
3. Baluri fillet dengan campuran tepung terigu dan tepung beras hingga rata
4. Goreng fillet dalam minyak panas dan api tidak terlalu besar, bolak balik hingga kuning keemasan, sisihkan dulu ..

Saus telur asin :
1. Hancurkan kuning telur asin hingga halus
2. Tumis bawang putih cincang dalam margarin yang sudah lebih dulu dipanaskan
3. Masukkan kuning telur asin, aduk2
4. Encerkan dengan kaldu ayam, sampai tingkat keenceran yang diinginkan
5. Masukkan irisan daun bawang
6. Aduk2 hingga matang

Gampang kannn ??

Monggo dicoba, Teman2 .. 🙂

19102009037

Fillet Kakap Saus Telur Asin