Lamaran


Alhamdulillah, akhirnya jadi juga saya dilamar ma Si Maz hari ini. Hehe .. ^^ Ini dia ceritanya ..

3 Januari 2009, pagi2 pukul 6 saya udah cabut ke Wonosobo, ke rumah Pakdhe, untuk ngambil pesanan buntil, lemper, peyek & unthuk cacing, ngga pake istirahat disana, saya langsung cabut, jadi di Wonosobo terhitung ngga ada 1 jam. Hihihi .. Rekor niy. Trus lanjut, siangnya saya ikut2an uplek di dapur, membantu Budhe nyiap2in menu yang bakal disajikan pas acara, termasuk makanan2 kecil yang bakal dijadikan angsul2 untuk keluarga Si Maz. Mulai bongkar2 lemari ngeluar2in cangkir, piring, sendok dan kawan2nya, sampe bikin kulit sosis solo. Abis itu, pukul 2 saya meluncur ke rumah Bu Yunita, saya dan Si Maz janjian mo sowan Beliau untuk rias sederhana, coz kami mo iseng2 foto studio. Sekalian mo tes rias gituhhh .. Hehe .. ^^ Jadilah, malamnya saya tepar ngga karuan, badan rasanya cuapekkk, makanya langsung tidur deh. Fiuhhh ..

4 Januari 2009, orang2 udah pada sibuk dari ba’da Subuh, sementara saya masih menikmati badan yang pegal2. Sempet khawatir, ntar pas dilamar bisa fit ngga niy, alhamdulillah ternyata masih tahan banting.

  • 09.00 : Pakdhe2 & Budhe2 udah pada datang, alhamdulillah perjalanan Beliau2 dari luar kota lancar2 aja. Hebatnya lagi Beliau2 niy kan udah sepuh2, usia diatas 60 semua, tapi masih fit abisss. Saluttt .. Setelahnya, wakil lingkungan & kerabat serta sahabat almarhum orang tua saya, yang memang sengaja saya undang untuk menjadi saksi di acara lamaran ini juga udah pada rawuh. Alhamdulillah deh, soalnya saya sempet senewen gimana kalo pada telat, sementara keluarga Si Maz udah datang. Hehe ..
  • Pukul 10 lebih dikit, keluarga Si Maz datang juga, molor beberapa menit dari yang dijadwalkan. Huhuhu .. Ternyata mo dilamar aja deg2an, Boo’, gimana ntar pas akad nikah, kaya apa rasanya gitu. Yang datang cuma keluarga inti aja kok, kecuali Rahman ( adik Maz no 3 ) soalnya dia besok ujian, perlu prepare gituhhh .. Ihhh, jadi enak, lha wong dari pihak keluarga saya ada segambrengan orang. Maappp yaaa .. ^^
  • Acara dimulai, dipandu oleh Pak Yoga, yang juga merangkap sebagai Ketua RW VII, Kramat Selatan, Magelang. Setelah basa basi gitu, dilanjut ma penyampaian maksud dan tujuan rawuhnya keluarga Si Maz. Bapak Hadi Rianto, yang notabene calon mertua saya, kemudian mengambil tempat untuk berbicara. Ada 2 maksud kehadiran keluarga Si Maz, yaitu .. (1) Menyampaikan ke keluarga besar saya bahwa amanah untuk menghajikan almarhum Bapak dan almarhumah Ibu saya, yang saya titipkan pada Bapak, udah dilaksanakan. Alhamdulillah semua lancar, mudah2an ibadah badal haji ini bisa jadi tambahan amal kedua orang tua saya yaaa .. (2) Ya jelas untuk melamar saya, Nur Azizah Eka Wardhani, untuk Si Maz, Muhammad Abdullah Hadi. Hwehehehe .. Intinya Bapak nanya ke Pakdhe, yang jadi ganti orang tua saya sekarang, apakah lamaran itu diterima. Langsung aja Pakdhe menjawab tantangan Bapak. Hehe .. Jawabannya adalah : DITERIMA !! Horeee .. ( Awas aja kalo sampe ditolak, Pakdhe .. )
  • Udah gitu aja, simpel kan. Hehehe .. Ngga dink, ada acara makan2nya kok. Menunya yummy, sederhana, menu ndeso tapi rasanya ajegileee, enak bangettt !! Mo tau menunya ?? Ini dia .. Nasi putih ( ya iyalah ), sayur asem, ikan nila goreng, urap, oseng2 daun singkong & buntil. Sneknya ada sosis solo ( saya ikut andil mbuat yang ini lhooo .. ), wajik ( kata orang jawa biar hubungannya lengket kaya wajik ini .. ), pastel & lemper.

Hiyaaa .. Senangnya saya hari iniii .. Akhirnya satu fase udah terlewati dengan lancar & baik. Mudah2an pas nikahan ntar juga selancar & sebaik ini yaaa. Oh iya, setelah makan siang rame2, ada sedikit diskusi yang dilakukan, pastinya ya tentang gimana rencana selanjutnya. Nikah nikah !! Yihaaa .. Hasil diskusinya antara lain adalah ..

  1. Kesepakatan pelaksanaan akad nikah & resepsi, yaitu tanggal 12 Juni 2009 & 14 Juni 2009.
  2. Acara resepsi dilakukan bareng2 antara 2 keluarga, jadi ngga perlu lagi ada acara ngundhuh mantu di pihak keluarga cowok.
  3. Garis besar acaranya adalah pengantin muslim, tanpa acara adat seperti siraman, midodareni, panggih dan sebagainya. Langsung akad nikah aja dehhh .. ^^

Ya suddd .. Mari ucapkan Bismillah, mudah2an langkah selanjutnya juga dimudahkan oleh Allah SWT yaaa .. ^^ Horeee, akhirnya saya dilamar jugaaa. Luv you, Maz ..

Keterangan gambar ( arah atas ke bawah zig zag ) :

  1. Suguhan yang yummy ituuu ..
  2. Si Maz dateng niy, yang disampingnya tuh adiknya no 2, Amir ..
  3. Dari kiri, Bapak, Ibu, Maz, Amir, Pakdhe2 ..
  4. Pakdhe menyambut Bapak niy ..
  5. Angsul2 dari keluarga saya ..
  6. Nah ini dia calon pengantinnya. Hehehe ..
Iklan

Iyaaa .. acara lamaran saya yang sedianya digelar tanggal 3 Januari 2009 : BATAL !!

Tapi ngga papa, wong batalnya itu gara2 acara diundur sehari, jadi tanggal 4 Januari 2009 pukul 10.00 WIB. Hihihihi .. Kalo batal beneran bisa nangis bombay saya .. ^^

Kenapa kok diundur ??

Yahhh .. Ada beberapa pertimbangan kalo tetep di rencana awal yaitu tanggal 3 Januari 2009 malam, yaitu bakalan agak menyusahkan sodara2 yang mo dateng, menyusahkan tenaga masaknya dan beberapa pertimbangan lain. Ya suddd .. Ngga papa, yang penting jadi dilamar aja deh .. ^^

Doakan kamiii ..

Wew, keasikan melancong kemana2 jadi ngga nyadar deh ternyata tinggal 13 hari menuju acara lamaran. Padahal belum ngapa2in, at all. Huhuhuhu .. Tapi emang acaranya disetting sante siy, bukan lamaran yang resmi2 gitu. Coz sebenernya acara tembungan udah pas Bapak meninggal, April 2008 lalu. Sekarang siy lebih ke sepakat2an nentuin tanggal nikahnya aja, detail macam seserahan & cincin mo dilakuin ntar aja sesaat sebelum akad nikah. Makanya acara 3 Januari 2009 ntar agak2 ngga menguras pikiran deh .. 🙂

Paling2 yang harus mulai saya pikirin ya cuma masalah makanan yang akan dihidangkan aja. Itu kan jadi semacam temu keluarga besar aja, diakhiri dengan makan malem bareng. Jadi suguhannya kudu dipikirin dunk .. Hehehe .. Gambaran saya, yang udah saya sampekan pada Bude, tentang suguhan di acara lamaran itu kurang lebih seperti ini :

  • Nasi putih
  • Gudangan ( semacam kluban atau campuran sayuran yang dikasih bumbu kelapa pedas )
  • Tempe tahu bacem ( ini emang padanan pas buat si Gudangan tadi .. )
  • Nila goreng ( ini siy request dari saya pribadi, pecinta ikan geto loh .. )
  • Sayur asem / sop ayam ( yang ini masih bingung, cari2 sayur yang berkuah tapi juga tepat buat menu2 sebelumnya, ternyata bingung euy .. )
  • Sosis solo ( yang ini bikin sendiri, Bude saya itu jagonya .. )
  • Kue yang manis ( hmm .. masih bingung mo apa, pilihannya banyak siy, kemungkinan besar mo beli ato pesen aja deh .. )

Trus, ada beberapa yang kudu saya lakukan juga sebelum acara lamaran ini digelar, antara lain :

  • Menghubungi sodara2 untuk minta doa restu & kalo memungkinkan dimohon hadir.
  • Menghubungi Pak RT, RW, beberapa sesepuh kampung, meminta Beliau2 hadir untuk jadi saksi ( yang ini sih kebiasaan di kampung saya .. )
  • Minta tolong ke beberapa Ibu2 kampung buat bantuin masak di rumah.
  • Cari baju buat saya & Maz. Hehehe ..
  • Sepakatan ma Maz, kira2 perlu nyiapin barang2 bawaan & balasan ngga ..

Dan semua itu harus saya lakukan sendiri, single fighter euy. Hehe .. Si Maz pun baru pulang tanggal 31 malam. Fiuhhh .. Doakan saya yaaa .. ^_^

Guys, insya Allah tanggal 3 Januari 2009 nanti keluarga Maz mau datang melamar saya. Horaiii .. 😀 Seneng ?? Jelas dunk. Cuma ada yang sedikit mengganjal pikiran ( sebenernya ngga sedikit sih, buanyaaak !! ) yaitu tentang prosesi lamaran itu sendiri. Secara saya udah ngga ada orang tua, tentunya posisi itu akan diambil alih oleh Pakde Bude Marsono yang tinggal di Wonosobo. Nah karena tinggalnya jauh inilah, berarti saya juga ngga bisa terlalu mengandalkan semua2nya pada Beliau toh, sementara saya juga ngga ngerti lamaran itu harus gimana. Dari pihak camer, penginnya ngga usah terlalu ribet, yang penting datang, mengutarakan maksud ( hayah .. ) dan paling ya makan bareng gitu. Tapi apa ya sesederhana itu ?? Owh .. Rencana ini mendadak sih, jadi sama sekali ngga ada persiapan ( baru langkah awal kok udah rada2 kacau niy). Hiks .. 😦

Uhm, dari beberapa referensi yang saya baca, acara lamaran itu paling ngga ada omongan formal dari keluarga pria untuk “meminta” calon pengantin wanita ke keluarga wanita, trus tuker cincin dan ngasih2 seserahan. Tapiii .. kayanya 2 yang terakhir ngga bakal dilakuin pas lamaran ini deh, ntar aja pas akad nikah. Pertimbangannya sekarang waktunya udah terlalu mepet niy, kalo dipaksain bisa2 malah jadi kacau & ngga beres semua. Cincin juga gitu, bayangan saya dan Maz memang “tuker cincinnya” setelah akad aja, malah udah halal pegang2. Halah .. 😀 Jadi paling2 nanti kami saling tuker2an kue2, makanan dan buah2 aja deh ( untuk ini belinya ntar2 aja, kalo kelamaan busuk dunk :p )

Saya jadi pengin me-list persiapan apa aja yang kudu dilakukan menjelang engagement day ini. Dannn .. saya harus bergerak sendiri niy, Maz baru pulang 3 hari sebelum hari H. Hiksss .. 😦 Semangat semangat !!

– Cari2 katering yang simpel : kemungkinan pake katering yang di Tuguran ( hiks .. lupa namanya ).  Maksudnya yang ngga usah terlalu heboh, kan orangnya juga ngga banyak2 amat, jadi yang penting makanan yang disajikan layak hidang aja deh 🙂 Ada alternatif lain siy, kalo Bude ngersakke masak sendiri ya berarti kudu mengerahkan Ibu2 sebelah rumah dehhh 🙂

– Cari kostum yang layak buat saya dan Maz. Hehe .. Abisnya saya bingung mo pake baju apa. Awalnya cuma mo pake tunik & celana alusan, tapi langsung diprotes oleh beberapa orang. Ya sudah, hunting2 niy, sekalian baju buat Maz, secara perut Maz tercinta itu sudah semakin menggelembung, baju2 lamanya banyak yang udah mbledheh2 kalo dipake duduk 😀

Pengin pake baju model ini niy ( lebai mode on )

Pengin pake baju model ini niy ( lebai mode on )

11busana-muslim-wanita-calosa-clf80891

Atau yang lebih simpel macam niy ?

– Pinjem tikar & ubarampe di bagian perlengkapan RT. Ini sih bisa agak nanti2, mendekati hari H aja. Owh iya, sekalian menghubungi Pak RT,

Pak RW dan beberapa sesepuh lingkungan buat jadi saksi ( begitulah kebiasaan di rumahku )

– Beli kue2, makanan kecil & buah buat “seserahan”. Ini juga nanti2 aja, nunggu Maz pulang. Hihi ..

Apalagi yaaa ? Kok ngga ada ide lagi siy. Ya udah lah, ntar kalo inget ditambahin lagi .. 🙂 Yippy, bentar lagi saya bisa teriak2 macam orang gila, “AKU DILAMAR !!! “. Hwehehehe .. 😀