Tenda


Yup, satu lagi urusan DP2an beres ..

Hari ini saya meluncur ke Selatan Magelang, sebuah pojok kota yang bernama Pakelan, lokasi persewaan tenda & alat pesta, Junior. Saya mo booking tanggal sewa tenda pas resepsi, parno aja kalo ditunda besok2, ternyata udah fully book. Nangis ntar .. ^^ Oh ya, pertimbangan saya akhirnya pake Junior adalah (1) harga paling bersahabat, (2) barang2 masih dalam kondisi bagus dan (3) ternyata Junior ngga keberatan kerja bareng ma Pak Basuki dari Farella, soalnya ada selentingan katanya mereka pernah ada masalah gitu.

Disana saya ketemu ma Mbak Asti, langsung aja ngomong mo pake jasa Junior untuk tanggal 14 Juni 2009 di Pendopo BPPK. Sempet bingung yah, mo pake berapa tenda .. Untunglah, karyawan2 Junior langsung tanggap membantu, tinggal sebut tempat resepsi & ancer2 jumlah undangan, ketauan deh berapa tenda yang dibutuhkan. Untuk saya, Mbak Asti memberi perkiraan tenda yang dipakai yaitu 12 tenda ukuran 4×6 m untuk menutup bagian Timur pendopo dan 2 tenda ukuran 3×6 m di bagian depan pendopo ( untuk tempat penerima tamu ). Trus pilihan saya jatuh pada tenda VIP warna yang per 4×6 m nya seharga 125K IDR & warnanya krem ( cenderung ke putih tulang sih ), walopun tadinya pengin merah ma putih tulang, tapi kok merahnya terlalu ngejreng ya .. Lagian kalo merah jadi ngga match ma nuansa warna katering yang saya pilih, yaitu batik & putih tulang. Nah kalo sama2 krem / putih tulang kan bagusss tuhhh .. Untuk DP, saya beri 100K IDR saja dulu.

Sip deh, satu urusan beres sudah .. ^^

Iseng aja niy, pengin bikin list vendor2 yang saya pake untuk mendukung acara pernikahan saya nanti. Itung2 untuk memudahkan saya dan juga teman2 yang kebetulan membaca blog ini mengingat vendor beserta alamat ataupun CP nya dalam satu posting, jadi ngga repot2 buka sana sini gitu. Hehe .. ^^

~ Akad nikah, 12 Juni 2009 & Resepsi, 14 Juni 2009 ~

.. and the vendors are ( kondisi per 12 Januari 2009 ) ..

  • Gedung : Pendopo Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan, Pusdiklat Pegawai, Jl. Alun2 Utara No. 2, Magelang, telp. 0293 363150 ( CP : Ibu Chatarina 085878674616 ) — sudah konfirm
  • Katering : VAS Catering, Jl. Kranggan-Kaloran Km. 1 ( depan SLTP Negeri 1 Kranggan ), Temanggung, telp. 0293 4901242 ( CP : Pak Budi 08122733540 ) — sudah konfirm
  • Rias Pengantin : Ibu Yunita, Jl. Barito III, Kedungsari, Magelang ( CP : Ibu Yunita 081578083322 ) — sudah konfirm
  • Kebaya : Ibu Yunita ( untuk akad ) — sudah konfirm & Ibu Bondet Pamularsih ” Butik Jhanur” ( untuk resepsi ), Jl. Kaliurang Km. 12,5 Griya Perwita Wisata IV Blok Murai 7, Yogyakarta, telp. 0274 498322 ( CP : Ibu Bondet 081227455572 ) — sudah konfirm
  • Liputan & Dokumentasi : Foto Sinar, Jl. Kyai Rachmad No. 30, Grabag, Magelang, telp. 0293 5539071 ( CP : Pak Iman 081328231171 ) — sudah konfirm
  • Dekorasi : Farella, Gg. Bodongan, Magelang ( CP : Pak Basuki 085292563177 ) — sudah konfirm
  • Tenda : Junior, Jl. Gatot Subroto, Pakelan, Magelang, telp. 0293 366145 — sudah konfirm
  • Undangan : Sourdjan, Gendengan 77/78, Temanggung, telp. 0293 5551440 ( CP : Mbak Nanda 081578733366 ) — sudah konfirm
  • Souvenir Pengajian : Alif Collection, Perum Puri Satya I/60 Rt. 1 Rw. 11 Kemiri, Salatiga 50711, telp. 0298 314913 ( CP : Mbak Rini 081575233876 ) — sudah konfirm
  • Souvenir Resepsi : Pasar Mester, Jatinegara — sudah konfirm/sudah dibeli
  • Sound System : 1 paket ma dekorasi (Farella – Pak Basuki) — sudah konfirm
  • MC : Bp. Tri Wardoyo — sudah konfirm

Sementara itu dulu ya, kalo ada perkembangan pasti laporan disini yahhh .. Hihi .. ^^

Wuahhh .. Puasnya, hari ini saya berhasil memanfaatkan waktu untuk cari info kesana kemari. Nekad aja deh, jalan pake motor Prima warisan almarhum Ibu yang jalannya udah agak2 ngeden. Hehe .. Alhamdulillah sampe juga ke Tempuran, sekitar 20 km dari rumah, walopun bensinnya agak2 bocor ( boros bener euy ) dan kehujanan. Hiks .. 😦

Perjuangan hari ini dimulai dengan nyari tiket ke Malang di travel Pesona Indah yang ada di sub terminal Kebonpolo. Ceritanya besok saya mo maen2 ke Malang niy, sama temen2 kos jaman kuliah dulu. Sayangnya lagi musim hujan, kalo ngga pastinya langsung ngabur ke Bromo sekalian. Hihi .. Trus abis itu bayar Prudential di Bank Permata, nah disinilah hujan mulai turun rintik2, menghujani Magelang, dinginnya ngga karuan, rada2 menggigil deh naik motornya. Perjalanan lanjut, kali ini nemenin mbak sepupu, yang juga mo nikah besok Mei, cari perias. Perias pengantin yang saya survey kali ini adalah :

Sanggar Rias & Busana Pengantin ” Nurul Salon “ ( Ibu Moeljoewono ), Jl. SMK Purnama, Meteseh, Sidoagung, Tempuran, Magelang, telp. ( 0293 ) 3215111 / 08157949855.

Hwaaa .. Ibu Moel nya buaikkk banget, walopun udah sepuh tapi masih keliatan lincah. Trus sabar menghadapi pertanyaan saya dan mbak sepupu, segala macam dijelasin, kami juga ditulisin rincian harga riasnya. Dari foto2 yang ada, hasil riasannya cukup halus, cuma kok rias pengantin muslimnya masih agak wagu gitu ya, ngga seluwes rias solo basahannya. Tapi yang paling penting, harganya murah euy, hehe .. Niy dia rinciannya :

  • Rias pengantin ( PW & PP ) = 500K IDR
  • Rias 2 pasang orang tua = 150K IDR
  • Rias 4 orang penerima tamu = 200K IDR
  • Rias 5 pasang among tamu ( Bapak – Ibu ) = 375K IDR

Murah meriah kan ?! Harga itu udah termasuk kebaya, kerudung untuk yang putri & setelan baju, blangkon untuk yang putra. Kalo pengantinnya, bisa juga sewa perdana kebaya yang didesain sendiri untuk pengantin wanita plus setelan beskap / safari untuk pengantin prianya, tapi biayanya ditanggung bareng, separuhan gitu. Kalo mo pake yang ready stock siy harga itu udah termasuk. Oh iya, saya tadi juga nyobain salah satu kebaya warna merah maroon milik Bu Moel lho, sayang sekali ngga difoto. Hiks .. 😦

Okey, lanjut lagi, dari rumah Bu Moel, saya kemudian mampir ke salah satu vendor penyewaan tenda dan alat pesta yaitu :

HS. Gono Gini yang berlokasi di Jl. Raya Magelang – Purworejo Km. 5 ( depan SMU Taruna Nusantara ), telp. 0293 364479.

HS. Gono Gini ini adalah tempat sewa tenda yang paling tua di Magelang, udah dari jaman dahuluuu kalaaa. Udah terkenal banget lah reputasinya di kota saya ini. Memang siy, kalo dibanding yang lain, HS. Gono Gini terbilang lebih mahal, tapi kualitasnya juga lebih ok. Niy dia, rincian harga beberapa produknya ..

  • Tenda VIP 4×6 = 150K IDR
  • Tenda VIP 4×5 = 150K IDR
  • Tenda VIP 3×4 = 75K IDR
  • Kursi lipat @ 750 IDR
  • Kursi VIP ( cover ) @ 3750 IDR

Dari sana, saya cabut ke rumah Elita, sahabat saya yang mo nikah tanggal 27 Desember 2008 nanti. Mo bantuin Tante Pri nyebar2 undangan pengajian. Alhamdulillah, dari niat pengin bantuin dapet banyak info yang berguna banget buat persiapan pernikahan saya nanti, antara lain :

  • udah tau lokasi Sarimin Katering ( ternyata di deket Taman Siswa, Karet, Magelang ). Tinggal datengin aja ntar abis pulang dari Malang yak.
  • dapet tempat pesen kerudung / jilbab yang bagus & ngga terlalu mahal, namanya Rengganis Jilbab di Villa Gading Mas, Magelang. Lumayan kan bisa buat nominasi bikin jilbab pas nikah ato buat seserahan.
  • inget nama penjahit kebaya yang okey punya di Magelang yaitu Ibu Subali dan Mas Tatok, keduanya berlokasi di Mertoyudan, Magelang.
  • dapet ide ngasih sovenir pengajian. Emang ngga biasa ngasih sovenir siy pas pengajian, tapi kalo diniatkan sedekah kan ngga papa to ?! Misalnya dikasih tas kecil yang bisa dipake buat tempat buku ngaji, berguna kan ?!

Huahhh .. Pulang, nyampe rumah udah ba’da Ashar, capeknyaaa .. Tapi hepiii dunk .. 🙂 Owh iya, besok lanjut ke Citra Katering ( Bu Dimyati ) di Tuguran, Magelang, sama Tante Pri lagi. Horeee .. Semangat, Zou !!! 😀

Sekali lagi, cerita tentang survey ke tempat persewaan tenda dan alat2 pesta ..

Kali ini, saya survey ke tempat persewaan tenda dan alat2 pesta yang juga dominan & sering dipakai di Magelang, yaitu KSD ( entahlah apa kepanjangannya, hihi .. ) yang berlokasi di Jl. Majapahit ( belakang Pecinan ) Magelang, teleponnya 0293 362484. Disana saya dilayani oleh Mbak Katrin yang sabarrr banget melayani semua pertanyaan sama. Hmm .. Pelayanan yang sama bagusnya dengan Junior 🙂

Ini dia hasil tanya2 saya ke Mbak Katrin ..

  • Tenda 4×6 plavon = 75K IDR ( jenisnya sama dengan tenda VIP biasa di Junior, di KSD lebih murah Rp. 9.000,- )
  • Tenda 4×6 plavon VIP = 125K IDR ( jenisnya sama dengan tenda VIP warna di Junior, harga sama, tapiii kok selendangnya lebih bagusan yang di Junior yak ?! )
  • Kursi lipat = @ 600 IDR ( lebih murah di KSD, di Junior satunya 800 IDR )
  • Kursi VIP ( cover + pita ) = 3K IDR ( lebih murah di KSD, di Junior satunya 4,5K IDR )
  • Meja prasmanan = 15K IDR
  • Meja penerima tamu = 12,5K IDR
  • Panggung tinggi 25 cm = 4K IDR/m2 ( lebih murah di KSD, di Junior per m2 nya 5,5K IDR )

Yups, sementara itu dulu info tentang persewaan tenda dan kawan2nya di KSD.

Jadi bingung yak, KSD memang harganya kebanyakan lebih murah, tapi kok tampilannya lebih bagus Junior. Gimana niy ??? Tapi dua2nya masih liat via foto aja siy, moga2 pas liat aslinya ntar bisa dapat pencerahan. Hehe ..

Semangat, Zou !!! 😀

Alhamdulillah, hari ini mbak sepupu saya dilamar. Saya dan adik pagi2 udah cabut ke Salaman untuk bantu2, keujanan euy berangkatnya, tapi tetep semangat dunk. Sampe disana, ngobrol2 ma sodara2 yang lain, dimintain tolong cari2 info & survey ubarampe pernikahan. Wow, saya jadi semakin semangat untuk puter2 Magelang dan sekitarnya, cari vendor2 andalan. Sip deh .. 🙂

Akhirnya, berbekal semangat, pulang dari acara lamaran mbak sepupu itu, saya dan adik langsung njujug ke salah satu persewaan tenda andalan di Magelang, namanya JUNIOR. Menurut info dari sahabat saya, pelayanan informasi di vendor yang satu ini top abis. Ternyata benar sodara, mbaknya ramah banget melayani pertanyaan2 saya yang bejibun. Dia bahkan menuliskan daftar harga sewa tenda & detail lain secara komplit. Uhhh .. I love it, so much.

Ini dia info lumayan lengkap yang saya dapat tadi ..

  • Tenda biasa ( ukuran 4×6 m ) = Rp. 35.000,-
  • Tenda VIP biasa ( ukuran 4×6 m ) = Rp. 84.000,-
  • Tenda VIP warna ( ukuran 4×6 m ) = Rp. 125.000,-
  • Tenda VIP draperi ( ukuran 4×6 m ) = Rp. 480.000,-
  • Tenda biasa ( ukuran 3×4 m ) = Rp. 25.000,-
  • Tenda VIP biasa ( ukuran 3×4 m ) = Rp. 42.500,-
  • Tenda VIP warna ( ukuran 3×4 m ) = Rp. 62.500,-
  • Tenda VIP draperi ( ukuran 3×4 m ) = Rp. 240.000,-
  • Kursi lipat = Rp.800,-/buah
  • Kursi VIP ( cover + pita ) = Rp.4.500,-/buah
  • Geber panjang 6 m = Rp.7.500,-/lembar
  • Panggung tinggi 30 cm = Rp.5.500,-/m2
  • Panggung tinggi 30 cm plus triplek = Rp.7.500,-/m2

Lengkap kannn .. Menyenangkan ya tanya2 vendor kaya gini. Besok, setelah lebaran haji, saya akan mulai bergerak lagi. Huraiii .. 🙂 Oh iya, hampir lupa, biaya angkut 1 x PP ( dalam kota ) = Rp. 25.000,-, sedangkan untuk ke luar kota tergantung seberapa jauhnya lokasi, biasanya di survey dulu sama petugasnya.

Alamat JUNIOR – Persewaan tenda & alat pesta : Jl. Gatot Subroto ( depan Pom Bensin Pakelan ) Magelang, telepon ( 0293 ) 366145.

ps : sayang sekali belum punya arsip foto contoh tendanya, ntar kalo ada langsung di-upload deh. Yippy !!!